Sabtu, 15 September 2012

Eric Clapton Jual Koleksi Lukisannya Seharga 181 Miliar

Jakarta - Gitaris yang telah dinobatkan masuk dalam jajaran Rock & Roll Hall of Fame, Eric Clapton, menjual koleksi lukisan abstrak miliknya dalam lelang dengan kisaran harga 14 hingga 19 juta dollar AS. Lukisan tersebut dibuat oleh seorang seniman dari Jerman bernama Gerhard Richter.

Harga lukisan Richter memang melambung tinggi sejak karya-karyanya diburu para kolektor. Menurut rekor yang tercatat, lukisan Richter laku dengan harga 21,8 juta dollar AS atau sekitar 200 miliar rupiah saat lelang di New York, Mei lalu.

Lukisan Richter yang akan dijual Clapton adalah satu dari empat seri yang pernah dibuat Richter para pertengahan tahun 1990. Clapton sendiri sangat beruntung karena pada sebelas tahun lalu ia membeli tiga seri lukisan Richter itu dengan total harga 3,4 juta dollar AS, sedang kini ia menjual salah satu lukisan itu dengan harga di atas 14 juta dollar AS.

Lukisan yang akan Clapton lelang itu berjudul "Abstraktes Bild (809-4)" dengan ukuran lebih dari dua meter persegi. Clapton memang sudah tidak asing lagi dalam dunia lelang, tahun lalu ia menjual lebih dari 70 koleksi gitarnya untuk kegiatan amal, dan memperoleh 2,1 juta dollar AS. Dana tersebut ia sumbangkan ke yayasan yang ia dirikan untuk rehabilitasi para pecandu alkohol dan narkoba.

Lelang lukisan milik Clapton tersebut akan diadakan di London pada 12 Oktober nanti, bertepatan dengan acara Frieze Art Fair, salah satu pameran terbesar di dunia untuk bidang seni kontemporer.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar